Kriteria Calon Istri Yang Baik Menurut Islam

Posted by Situs Cari Jodoh Terbesar on Kamis, 19 Januari 2017

Kriteria Calon Istri Yang Baik Menurut Islam
    Bagi para pemuda yang sudah siap untuk menikah tentu memiliki kriteria tersendiri dalam memilih calon istri. Banyak pemuda yang memiliki kriteria calon istri idaman dan biasanya antara pemuda yang satu dengan yang lain memiliki kriteria yang berbeda. Untuk menentukan kriteria calon istri idaman memang tak boleh asal saja melainkan harus sesuai dengan agama Islam. Menikah merupakan salah satu penyempurnaan ibadah dan harus dipertanggungjawabkan kelak di hadapan Allah SWT.
    Bagi para pemuda muslim sebaiknya jangan mudah tergoda oleh paras cantik para muslimah. Pastikan untuk mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk meminang muslimah tersebut. Berikut ini akan dijelaskan kriteria calon istri yang baik menurut Islam untuk menambah wawasan dan sebagai bahan pertimbangan para pemuda muslim yang akan mencari jodoh dan pendamping hidup. 

1.    Baik agamanya atau solehah
Wanita yang  menurut Islam  bisa masuk sebagai kriteria calon istri adalah memiliki dasar pengetahuan dan pendidikan agama serta berakhlak mulia. Wanita yang memiliki pengetahuan agama akan memahami perannya sebagai seorang istri dan ibu di dalam keluarganya.
2.    Wanita yang cerdas
Seorang wanita yang memiliki kecerdasan maka dapat mengendalikan emosi serta memiliki pemikiran yang lebih luas. Hal ini tentu saja dapat mencegah timbulnya konflik dalam rumah tangga. Selain itu, ibu yang cerdas akan menurunkan anak laki-laki yang cerdas.
3.    Wanita yang penyayang dan memiliki keturunan
Pilihlah muslimah yang mampu  memberikan keturunan serta penyayang baik kepada anak maupun keluarganya,
4.    Memilih Calon Istri yang masih gadis terutama bagi pemuda  yang belum pernah menikah
Dalam Islam sangat dianjurkan untuk menikah dengan gadis yang masih perawan. Menurut Rasullah SAW, dengan menikahi gadis maka para suami bisa mengajaknya bermain begitu juga sebaliknya. Wanita yang masih perawan dapat memberikan kasih sayang dan kelembutan kepada suami.



5.    Pilihlah wanita muslimah yang jauh dari  kerabat
Sangat disarankan untuk tidak menikah dengan wanita yang masih memiliki hubungan kekerabatan dekat. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya keretakan hubungan keluarga serta mencegah timbulnya panyakit hereditas.
6.    Wanita yang berasal dari keluarga baik-baik
Kriteria calon istri berikutnya adalah yang berasal dari keluarga yang jelas keturunannya.

    Itulah penjelasan mengenai kriteria calon istri yang baik menurut Islam. Penjelasan di atas diharapkan dapat membantu Anda untuk para pemuda yang bingung dalam menetapkan kriteria calon istri yang baik menurut agama Islam. Dengan memilih calon istri sesuai yang ditetapkan dalam agama Islam maka diharapkan dapat membantu para pemuda agar dapat membina rumah tangga yang harmonis dan bahagia.

Blog, Updated at: 11.56.00

0 komentar:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Entri Populer