Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Seseorang Menikah Dalam Agama Islam

Posted by Situs Cari Jodoh Terbesar on Kamis, 02 Maret 2017

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Seseorang Menikah Dalam Agama Islam
Meskipun begitu jika ada seorang pemuda miskin yang belum memiliki apa-apa namun ia siap menikah maka bukan berarti pemuda tersebut tidak mampu. Karena pemuda tersebut dalam hatinya mungkin sudah memiliki kesiapan serta kesanggupan untuk bertanggung jawab menafkahi keluarga serta memiliki kematangan psikologis untuk berumah tangga.
    Berbicara mengenai usia ideal menikah dalam Islam tidak ada ketentuan pasti. Akan tetapi ada yang mengatakan bahwa usia ideal untuk menikah bagi laki-laki adalah 25 tahun dan ada pula yang menyatakan 27 tahun. Sedangkan usia ideal untuk menikah bagi wanita ada yang mengatakan 21 tahun dan ada pula yang berpendapat 24 tahun. Jika dilihat sejarah Rasulullah SAW pada saat pertama kali menikah, dulu beliau menikah pada usia 25 tahun. Pada usia 25 tahun seorang laki-laki dianggap sudah cukup dewasa dan memiliki kesadaran untuk bertanggung jawab.
    Akan tetapi usia ideal menikah sebetulnya tergantung dari pribadi masing-masing individu. Kedewasaan serta kesadaran akan tanggung jawab bisa menjadi penentu siap atau belum seorang pemuda untuk menikah. Sedangkan untuk wanita tak ada batasan khusus karena wanita tidak berkewajiban untuk mencari nafkah. Usia ideal menikah untuk wanita ditentukan oleh kesiapan serta sudah baligh.
    Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam Islam tak ada patokan yang pasti mengenai usia ideal menikah bagi laki-laki maupun perempuan. Akan tetapi usia ideal menikah tersebut lebih ditentukan oleh kedewasaan, kesiapan dan kemampuan seorang individu dalam berumah tangga.

Blog, Updated at: 20.37.00

0 komentar:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Entri Populer